Fakta Menarik Tentang Pengembang Perangkat Lunak

Fakta Menarik Tentang Pengembang Perangkat Lunak

Fakta Menarik Tentang Pengembang Perangkat Lunak – Insinyur perangkat lunak adalah pemecah masalah yang sangat baik yang menikmati berpikir di luar kotak dan bekerja di dunia yang dinamis. Kedengarannya menarik? Itu baru permulaan karena, dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi beberapa fakta menarik tentang pengembang perangkat lunak.

Tanpa basa-basi lagi, mari kita jelajahi fakta menakjubkan dan kurang diketahui ini tentang profesional perangkat lunak. sbobet indonesia

Fakta Menarik Tentang Pengembang Perangkat Lunak

Programmer Pertama Di Dunia Adalah Seorang Wanita

Ada Lovelace, lahir pada tahun 1815, adalah programmer pertama di dunia. Dia mulai bekerja pada mesin analitik pada awal abad ke-18. Dia telah mengembangkan program komputer pertama, satu abad sebelum komputer pertama diciptakan.

Dia adalah seorang ahli matematika dan penulis Inggris, terkenal karena karyanya pada Mesin Analitik Charles Babbage, sebuah komputer mekanik.

Ada Lovelace adalah orang pertama yang menyadari bahwa orang dapat menggunakan komputer untuk lebih dari sekadar perhitungan, dan dia menerbitkan algoritme pertama yang dirancang untuk mesin semacam itu. Akibatnya, ia sering disebut sebagai programmer komputer pertama di dunia.

‘Pengembang Web’ Adalah Jabatan Pekerjaan Yang Paling Disukai

Ini mungkin tampak seperti no-brainer, tetapi setiap perekrut TI akan memberi tahu Anda bahwa ada berbagai sinonim untuk pekerjaan yang sama: pengembang full-stack, programmer, arsitek, analis, dan sebagainya.

Menurut sebuah survei, berbagai pengembang web ditanya tentang jabatan apa yang paling mereka sukai. Mereka diminta untuk memilih di antara judul pekerjaan seperti Insinyur, Pengembang, Programmer, Pengembang Senior, dan Pengembang Full-Stack. Dengan 72,6% suara, judul “Web Developer” adalah pilihan paling umum.

Usia Rata-Rata Relatif Lebih Sedikit, Dibandingkan Dengan Profesi Lain

Berikutnya dalam daftar fakta kami tentang pengembang perangkat lunak adalah usia rata-rata mereka. Di Amerika Serikat, usia rata-rata seorang dokter berlisensi aktif adalah sekitar 52 tahun. Namun, seorang developer di Amerika Serikat rata-rata berusia 32 tahun.

Jadi kami melihat bahwa bidang pengembangan perangkat lunak adalah permainan anak muda. Pengembang tipikal memiliki pengalaman kurang dari lima tahun, dan tiga perempat memiliki kurang dari sepuluh tahun.

Pengembang Belajar Dengan Berbagai Cara

Meskipun 43% pengembang memiliki gelar sarjana dalam ilmu komputer atau bidang serupa, 69% mengaku sebagian otodidak.

Berbagai jalur pendidikan yang tersedia untuk pengembang benar-benar menarik. Beberapa orang belajar di sekolah, online, di tempat kerja, atau dengan kombinasi metode ini.

Pengalaman Rata-Rata

Mayoritas pengembang memiliki dua hingga lima tahun pengalaman di bidang ini. Ini biasanya tingkat keahlian yang dimiliki oleh sebagian besar pengembang tingkat menengah yang secara teratur mengerjakan proyek pengembangan berat.

Pengembang Full-Stack memiliki pengalaman rata-rata antara 6 hingga 10, dan Manajer Teknik memiliki pengalaman 11+ tahun.

Laki-Laki Mengambil Sebagian Besar Pekerjaan Pengembang

Fakta lain tentang pengembang perangkat lunak adalah bahwa laki-laki terus menjadi bagian terbesar dari pengembang, terhitung 88,6% dari angkatan kerja.

Namun, angka ini sedikit lebih rendah dari studi tahun 2016, di mana laki-laki menyumbang hampir 92% dari tenaga kerja pengembang.

Perbedaan gender ini sebagian karena pekerjaan ilmu komputer dan pengembangan secara mencolok dipasarkan kepada siswa laki-laki.

Di perguruan tinggi, pola ini sedang bergeser, dan perempuan diharapkan segera menutup kesenjangan gender.

Anda Memiliki Pilihan Untuk Tinggal Di Berbagai Kota

Ketika Anda memikirkan pengembangan perangkat lunak, Anda mungkin memikirkan Lembah Silikon, tetapi lokasi teratas untuk pekerjaan terkait perangkat lunak di New York City memiliki lebih dari 54.000 insinyur perangkat lunak.

Namun, karena sebagian besar kota teratas yang mempekerjakan insinyur perangkat lunak berada di pantai, karier di bidang rekayasa perangkat lunak mungkin tidak cocok untuk Anda jika Anda berencana untuk tinggal lebih jauh ke pedalaman.

Gajinya Luar Biasa

Seharusnya tidak mengejutkan bahwa insinyur perangkat lunak menghasilkan banyak uang. Hal ini karena tingginya permintaan untuk layanan mereka.

Gaji awal rata-rata untuk seorang insinyur perangkat lunak adalah $75.275. Jika Anda mendapatkan pengalaman, penghasilan Anda akan tumbuh. Di sisi lain, menurut Biro Statistik Tenaga Kerja, gaji rata-rata untuk seorang insinyur perangkat lunak adalah $ 100.690.

Pengembang Di Industri Game Adalah Yang Paling Bahagia

Salah satu fakta paling menarik tentang pengembang perangkat lunak adalah bahwa pengembang perangkat lunak yang bekerja di industri Software Gaming adalah yang paling cerah.

Dengan kata lain, kita dapat mengatakan bahwa industri Game melakukan pekerjaan yang lebih baik untuk membuat mereka puas daripada industri seperti telekomunikasi dan pemerintah, yang menempati peringkat terakhir dalam hal kepuasan kerja pengembang.

Pengembang Perangkat Lunak Menghabiskan Lebih Banyak Waktu Untuk Belajar Dibandingkan Dengan Yang Lain

Insinyur perangkat lunak memiliki tingkat pembelajaran yang lebih tinggi daripada profesi lain. Hal ini masuk akal karena, meskipun perubahan berlangsung cepat di semua industri, perubahan juga berlangsung cepat di bidang teknologi yang terus berubah.

Pengembang perangkat lunak melaporkan mempelajari keterampilan baru 48% dari waktu, dibandingkan dengan 36% dari semua profesional. Mereka sering menghabiskan lebih banyak waktu di LinkedIn, dengan 45% baru-baru ini memperbarui profil mereka, dibandingkan dengan 32% dari populasi umum.

Pengembang Perangkat Lunak Dibayar Paling Tinggi Di San Francisco Dan Paling Sedikit Di Detroit

Melanjutkan daftar fakta kami tentang pengembang perangkat lunak, kami beralih ke fakta berikut, tentang lokasi geografis pekerjaan mereka. Lokasi geografis memiliki dampak signifikan pada kompensasi insinyur perangkat lunak.

Insinyur perangkat lunak mendapatkan upah rata-rata $142.000 di San Francisco Bay Area dan $88.0000 di Detroit. Tentu saja, biaya hidup berbeda secara signifikan di antara daerah-daerah ini.

Fakta Menarik Tentang Pengembang Perangkat Lunak

Seattle dianggap ideal untuk pengembang perangkat lunak karena memiliki upah rata-rata yang tinggi sebesar $132.000 per tahun dan biaya hidup yang lebih rendah daripada wilayah San Francisco. Dan itulah alasannya itu juga merupakan daerah dengan pertumbuhan tercepat di negara ini untuk para insinyur perangkat lunak.

Sebagian Besar Insinyur Perangkat Lunak Yang Banyak Diminati Adalah Orang-Orang Yang Berspesialisasi Dalam Pembelajaran Mesin Dan Ilmu Data

Pengembang perangkat lunak menerima InMail tiga kali lebih banyak dari perekrut dibandingkan dengan rata-rata profesional di LinkedIn. Dan spesialisasi seperti pembelajaran mesin dan ilmu data tampaknya menarik lebih banyak perhatian, membuatnya semakin mudah untuk mencari pekerjaan.

Scroll to top